Contoh Makalah Perkembangan Internet Marketing



KATA PENGANTAR


Tiada alunan indah yang pantas di ucapkan selain rasa syukur yang begitu besar atas karunia Allah yang maha kuasa, Sang Pemberi kesehatan sehingga tugas ini dapat diselesaikan. Dan tak lupa pula Salawat serta Taslim atas junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.

Makalah  ini dibuat untuk memenuhi tugas yang di berikan dengan judul “PERKEMBANGAN INTERNET MARKETING” dan juga sebagai pembelajaran/referensi kami dalam mempelajari perkembangan tilmu tekhnologi, khususnya bagi mahasiswa dan mahasiswi Prima Education Centre. Kami mengucapkan terima  kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah  ini. Dan juga kepada pembaca yang telah menggunakan makalah ini sebagai panduan belajar.   Akhir kata,Tak ada gading yang tak retak,demikian pula dengan tugas ini. Oleh karena itu, saran dan kritikan yang membangun tetap penulis nantikan untuk menyelesaikan tugas dengan baik, terutama kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan tugas ini penulis  mengucapkan banyak terima kasih. 

 Watampone, 24 November 2017 

 Penulis



DAFTAR ISI 
Makalah Perkembangan Internet Marketing  KATA PENGANTAR ......................................................................................................... i DAFTAR ISI ....................................................................................................................... ii BAB 1 ................................................................................................................................. 1 PENDAHULUAN .............................................................................................................. 1 A. Latar Belakang ........................................................................................................ 1 B. Rumusan Masalah ................................................................................................... 1 BAB II ................................................................................................................................. 2 PEMBAHASAN ................................................................................................................. 2 A. Pengertian Internet Marketing ................................................................................ 2 B. Sejarah Singkat Internet Marketing ........................................................................ 4 C. Pentingnya Internet Marketing Bagi Perkembangan Bisnis ................................... 4 D. Peran Internet Marketing Pada Bisnis Online ......................................................... 5 BAB III ............................................................................................................................. 21 PENUTUP ........................................................................................................................ 21 A. Kesimpulan ........................................................................................................... 21

 BAB 1 PENDAHULUAN 


A. Latar Belakang Bisnis internet yang juga dikenal dengan nama bisnis online merupakan trend bisnis yang beberapa kurun waktu terakhir perkembangannya sangat pesat. Hal ini karena pertumbuhan pengguna internet sangat pesat dari tahun ke tahun. Sehingga dengan peningkatan pengguna internet tersebut maka penyediaan dan pelayanan di bidang ini terus meningkat  sehingga para pengguna internet dimanjakan dengan berbagai kemudahan disini. Kemudahan yang diperoleh tentunya tidak bertumpu hanya pada satu sektor tertentu tapi menyeluruh pada semua sektor. Tidak ada yang tidak bisa kita dapat dari internet. Mulai dari dapur sampai ruang tamu, mulai dari kaki sampai kepala, kantor, sekolah, automotif, dan masih banyak lagi sektor bahkan mungkin ratusan kategori yang semuanya dapat dipenuhi dari internet. Hanya dengan duduk di depan komputer, bisa di rumah, di kantor, di hotel atau dimanapun itu selama anda dapat mengakses internet anda dapat memesannya untuk memenuhi kebutuhan anda atau bisnis anda, yang dibutuhkan hanya notebook/PC dengan akses internet. Tentunya kemudahan ini menjadi pilihan banyak kalangan. Dengan interaksi pengguna internet yang yang sangat intensif, menjadikan internet sebagai media bisnis yang sangat efektif. Dengan jumlah pengguna mencapai 1 milyar pengguna di seluruh dunia dan sekitar 20 juta pengguna di Indonesia tentunya menjadi pangsa pasar yang sangat menjanjikan. Tinggal memilih segmen yang akan dimasuki. Bila anda memiliki sebuah produk yang akan dipasarkan, tentu akan lebih efektif bila memanfaatkan media internet, tinggal anda survey terlebih dahulu, kira-kira berapa jumlah pasar yang meminati produk tersebut. Hal tersebut dapat dapat dilakukan dengan  melakukan searching keyword di http://www.google.com  tinggal anda  masukan kategori yang anda inginkan maka akan muncul berapa jumlah peminat sektor tersebut. Setelah mendapat gambaran mengenai calon konsumennya dan telah memutuskan kategori tertentu tinggal anda mempersiapkan media untuk promosi. Media promosi ini bisa bermacam-macam, dapat anda langsung promosikan produk anda di media iklan berbayar atau gratis tanpa anda memiliki website sendiri. Namun cara ini kurang efektif karena anda tidak dapat mendeskripsikan produk anda secara utuh. Ada batasan untuk memasang iklan bila ingin hemat. Akan lebih efektif jika anda memiliki website sendiri. Karena anda dapat mendeskripsikan produk anda secara utuh dan dilengkapi gambar. Tinggal anda mempromosikan website anda (cara cepat meningkatkan pengunjung website).


B. Rumusan Masalah 1. Apa itu internet marketing? 2. Bagaimanakah sejarah internet marketing? 3. Seberpa pentingkah Internet Marketing bagi perkembangan bisnis? 4. Bagaimanakah peran Internet Marketing pada bisniz online shopping, Internet Banking, Sosmed dan Internet Payment? 5. Apa sajakah kelebihan dan kekurangan pada setiap bidang internet tersebut?


BAB II PEMBAHASAN


A. Pengertian Internet Marketing Internet marketing terdiri atas dua kata, internet dan marketing. Pertama adalah internet, menurut wikipedia “Internet adalah jaringan komputer skala dunia yang memungkinkan orang-orang untuk saling berhubungan menggunakan layanan seperti email, chat online, transfer file dan halaman website”. Sementara marketing dalam bahasa Indonesia disebut pemasaran. Kedua adalah Marketing adalah sebuah proses bertujuan mengetahui keinginan konsumen, mengalokasi produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan tersebut, membuat seorang konsumen tertarik dengan produk atau jasa tersebut. Seorang marketer punya tugas utama membuat konsumen mengenal produk atau jasa yang ditawarkan melalui teknik-teknik marketing. Tanpa usaha marketing, sebuah perusahaan biasanya tidak akan sukses dalam jangka waktu yang lama. Dari kedua arti diatas, terciptalah kata Internet Marketing. Internet Marketing sebenarnya sederhana dalam makna walaupun sulit dalam implementasi.Internet marketing biasa disebut sebagai online marketing atau E-marketing, perbedaan internet marketing adalah penggunaan media internet guna mendukung proses marketing, sehingga proses marketing lebih efektif, cepat dan biaya murah. Internet marketing memang baru ramai dikenal sejak tahun 1994. Namun perkembangannya semikian cepat, seiring dengan pesatnya pertumbuhan jumlah pengguna internet didunia. Internet marketing atau e-marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www. Kata e dalam e-marketing ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau kata lain sarana untuk memasarkan produk/jasa lewat internet. Internet telah memberikan banyak manfaat untuk pemasaran, salah satunya adalah biaya yang lebih rendah dan memiliki kemampuan lebih besar untuk mendistribusikan informasi dan media ke khalayak ramai. Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau copywriting. Pemasaran internet atau e-pemasaran ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain web (web design), periklanan dengan menggunakan banner, promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (search engine), surat elektronik atau e-surat (e-mail), periklanan lewat e-surat (email advertising), pemasaran afiliasi (affiliate marketing), advertensi interaktif (interactive advertising), dll. Jadi Internet Marketing adalah merupakan pilihan profesi yang menjanjikan dan terbilang prospektif. Lalu apakah Internet Marketing merupakan suatu pekerjaan yang mudah dan menjanjikan kekayaan instant? Jawabannya tentu saja tidak! Bahkan anda harus telaten layaknya anda menjalankan bisnis konvensional. Bahkan anda harus berpikir strategis dalam menjalankannya. Internet marketing adalah sebuah ilmu yang luar biasa, walau hingga saat ini belum ada fakultas yang membahas secara khusus tentang apa itu internet marketing. Ilmu Internet Marketing dapat secara bebas anda dapatkan dan pelajari dalam Internet itu sendiri. Namun kemudian justru disini masalahnya. Anda harus pandai memilah ilmu mana yang menjerumuskan dan ilmu mana yang akan membuat anda


3

sukses di bidang Internet Marketing. Yang pasti anda jangan sampai terjebak dengan kata-kata “Kekayaan Instant Dengan MUDAH”. Itu sama sekali tidak benar adanya.  Sebagian orang mengatakan mencari uang di internet itu sangat mudah hanya dengan mengikuti metode „A‟ atau „B‟ dan semua bisa mendapatkan uang lewat internet, mulai dari anak-anak, ibu rumah tangga bahkan yang belum mengerti komputer-pun bisa mencari uang lewat internet”. Apakah benar semudah itu? Faktanya : TIDAK ada metode yang bisa membuat anda kaya dalam semalam. Mayoritas pengusaha memasuki arena Internet Marketing karena beranggapan itu murah biayanya dan berpotensi untung besar. Walaupun anggapan ini tidak salah namun adalah suatu kesalahan besar apabila menganggap internet marketing itu mudah dan dapat ditangani dengan santai. Sesuai dengan prinsip "waktu adalah uang" maka dalam mengelola sebuah e-marketing, apabila seorang internet marketer tidak memiliki banyak uang untuk membayar orang menjalankan pengelolaan, maka ia harus bersedia menghabiskan banyak waktu untuk menjalankan pengelolaan secara langsung. Kondisi salah kaprah bahwa e-marketing itu mudah dan murah bertambah parah akibat banyaknya money game yang berkedok e-marketing, yang mengumbar bahwa dengan e-marketing bisa cepat kaya dan hanya perlu bekerja satu atau dua jam seminggu.Semua e-marketing yang berhasil, yang di mulai dengan modal kecil, mencapai keberhasilan setelah berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun dikelola dengan baik dan konsisten dan dengan menghabiskan sebagian besar waktu pemiliknya Banyak orang terlena dengan sukses Google dan berharap bahwa bisnis mereka bisa seperti itu namun Google adalah contoh fenomena, hanya 1 dari sekian juta yang bisa seperti itu; seharusnya dalam menjalankan bisnis, internet marketer dapat membuat asumsi dan target yang masuk diakal dan dapat dicapai dan dalam waktu yang wajar, misalnya 1 atau 2 tahun, bukan 1 atau 2 bulan. Pada saat ingin memulai suatu bisnis, seorang calon internet marketer akan berpikir betapa lamanya waktu 2 tahun tersebut, terutama untuk bisnis yang dianggap harus berkembang dengan sangat cepat, akan tetapi apabila bisnis tersebut tidak dimulai maka 2 tahun kemudian orang yang sama akan berada pada tempat yang sama dan mungkin masih dengan ketidaksabaran yang sama dan memikirkan masalah yang sama sedangkan bagi yang sudah memulainya akan telah mulai melihat hasilnya. Tujuan dari internet marketing adalah agar setiap orang yang menggeluti usahanya didunia maya bisa Earn money from internet (menghasilkan uang dari internet). Berikut ini contoh beberapa orang yang sudah sukses dalam menjalankan internet marketing.  a) Anne Ahira (AsianBrain) menjual informasi berupa ebook (buku elektronik), audio dan video dimana pembeli hanya bisa membaca informasi itu. Cara penjualannya yaitu dengan sistem membership (keanggotaan), dimana setiap member AsianBrain dapat masuk ke sebuah ruang website yang didalamnya bisa diakses informasi-informasi tersebut. b) Justin Esch & Dave Lefkow (BaconSalt.com) menjual produk berupa bumbu masakan melalui internet.  Ketika seseorang mengubah semua itu dari offline menjadi online dan hampir semua transaksi dan promosi dilakukan secara online dengan media website yang melakukan presentasi melalui internet maka kegiatan itu bisa disebut internet marketing.  Jadi secara sederhana, Internet Marketing adalah suatu kegiatan marketing yang dijalankan secara online (melalui internet).



4

B. Sejarah Singkat Internet Marketing Sejarah Internet Marketing sebenarnya dimulai bersamaan dengan sejarah hadirnya internet itu sendiri. Sejak awal diciptakannya, internet sudah membawa fitur-fitur yang cocok untuk marketing. Kemajuan teknologi pendukung internet seperti munculnya beragam bahasa pemrograman dan database membuat internet marketing menjadi lebih menarik, hingga akhirnya muncul berbagai jenis variasi internet marketing, seperti: a) Search engine marketing: Mengoptimalkan website sehingga dapat diindeks di bagian atas search engine. Hal ini disebut juga sebagai search engine optimization. b) Display advertising: Menampilkan produk-produk di website c) E-mail marketing: Idenya adalah menampilkan produk di email, sebagai pengganti pengiriman brosur secara manual menggunakan pos. d) Affiliate marketing: Mengajak orang untuk mengunjungi situs tertentu dengan cara afiliasi. e) Interactive advertising: Pembuatan iklan dalam bentuk animasi atau gambar untuk mengiklankan sesuatu. f) Blog marketing: Menggunakan blog/web blog untuk memasarkan sesuatu, baik secara langsung dari pihak perusahaan maupun karyawannya atau melalui layanan pihak ketiga. g) Viral marketing: Menggunakan media jaringan sosial untuk mebuat sebuah brand tertancap di benak banyak orang. Di Indonesia sendiri, teknik internet marketing sebenarnya masih terbatas penggunaannya. Untuk itu suatu tantangan bagi masyarakat Indonesia untuk menggunakan internet dalam proses marketing sehingga proses marketing bisa lebih efisien dan efektif.

C. Pentingnya Internet Marketing Bagi Perkembangan Bisnis Berikut tiga alasan pentingnya Internet Marketing bagi perkembangan bisnis: 1. Pergeseran gaya hidup (lifestyle) Semakin pentingnya posisi internet marketing dalam menunjang aktifitas bisnis, tidak terlepas dari pergeseran gaya hidup/lifestyle dari manusia diberbagai belahan dunia. Gaya hidup yang mengutamakan kemudahan dan kecepatan, saat ini tidak hanya dimiliki oleh masyarakat Negara-negara maju. Namun juga masyarakat-masyarakat Negara berkembang, yang saat ini banyak mengadopsi gaya simple seperti itu. Hal itu dapat dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan untuk menjaring konsumen melalui internet marketing. Begitupun dengan cara mencari informasi mengenai berbagai hal yang mereka butuhkan. Apabila mereka membutuhkan informasi mengenai suatu produk atau layanan yang mereka butuhkan, mereka lebih senang mencarinya melalui internet. Memang secara mayoritas para calon konsumen masih banyak yang pergi ke mall, menghubungi sales, menonton televise, atau membaca koran dan majalah untuk mencari suatu produk atau layanan yang dibutuhkan. Namun secara konstan, jumlah orang yang menggunakan internet untuk mencari informasi mengenai berbagai kebutuhan, terus mengalami lonjakan yang luar biasa. Untuk mengimbanginya, maka perusahaan-perusahaan melaksanakan dalam bidang bisnisnya.




5

2. Kecepatan akses informasi Internet saat ini kedepan akan menjadi pemimpin dalam dunia informasi. Para calon konsumen merasa dapat mengakses informasi lebih cepat melalui internet. Mereka cenderung merasa lebih cepat dan mudah mencari suatu produk atau layanan dan kemudian membelinya melalui internet, dibandingkan dengan harus mencari ke beberapa toko atau mall. Oleh karena itu, perusahaan yang memiliki strategi internet marketing yang baik dapat berpeluang memimpin pasar. Selain itu, melalui internet marketing, berbagai informasi produk atau layanan yang dimiliki perusahaan akan lebih cepat diterima oleh calon konsumen. Ke depan, akan lebih banyak calon konsumen yang mengharapkan perusahaan memiliki skema internet marketing, untuk memudahkan mereka memenuhi berbagai kebutuhannya. 3. Target market yang tak terbatas Salah satu keuntungan vital menggunakan internet marketing adalah pangsa pasar yang tidak terbatas. Internet marketing tidak mengenal batasan tempat dan waktu. Melalui internet marketing, sebuah perusahaan dapat melakukan ekspansi bisnis seluas-luasnya. Dengan internet marketing, calon konsumen dimanapun dan kapanpun dapat menerima informasi, memahami dan membeli apapun yang mereka butuhkan.Bagi perusahaan, data konsumen potensial dapat mereka kumpulkan dari pengunjung website yang mereka miliki. Divisi perusahaan yang menangani internet marketing, akan dengan mudah melacak calon-calon konsumen potensial, melalui data pengunjung website yang secara berulang mengunjungi website mereka. Dengan berdasarkan ketiga alas an diatas, semakin banyak perusahaan atau internet marketer yng menyadari pentingnya posisi internet marketing dalam bisnis mereka. Saat ini mereka dapat dikatakan berlomba-lomba merumuskan berbagai kebijakan untuk merancang sebuah internet marketing plan, yang mereka anggap tepat sebagai sarana pemasaran yang strategis.  Dapat dikatakan setiap perusahaan atau internet marketer saat ini tidak mau ketinggalan informasi sedikitpun dalam perkembangan internet marketing. Karena mereka tahu, apabila mereka tertinggal dalam hal internet marketing, maka mereka akan berpotensi mengalami penurunan jumlah konsumen potensial untuk beberapa waktu kedepan.

D. Peran Internet Marketing Pada Bisniz Online 1. Online shopping atau e-commerce Yang dimaksud dengan e-commerce adalah suatu proses penjualan dan pembelian produk maupun jasa yang dilakukan secara elektronik yaitu melalui jaringan komputer atau internet. Arti lain dari e-commerce yaitu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pengolahan digital dalam melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan, mengubah dan mendefenisikan kembali hubungan yang baru antara penjual dan pembeli. a. Manfaat E-Commerce bagi perusahaan Beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan dari e-commerce, diantaranya:  Buka sepanjang waktu Seperti situs atau web e-commerce yang dapat beroperasi setiap waktu selama 24 jam sehari dan tentunya setiap hari. Dapat disimpulkan hal seperti ini dapat meningkatkan jumlah konsumen dan pesanan yang diterima akan semakin bertambah.  Melewati batasan geografis atau jangkauan global


6

Toko fisik tentunya akan dibatasi oleh wilayah geografis. Dengan menggunakan e-commerce maka seluruh penjuru dunia dapat dikatakan wilayah untuk menjalankan bisnis. Karena dengan e-commerce perusahaan dapat menjalankan bisnis dengan jangkauan yang lebih luas.  Dapat memperoleh konsumen melalui pencarian di internet Situs atau web e-commerce perusahaan bisa saja ditemukan oleh konsumen jika mereka mencarinya di internet dan tentunya hal ini akan menjadi salah satu keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan dalam berbisnis karena pelanggan baru akan berdatangan.  Biaya promosi yang relatif rendah Manfaat lain yang bisa didapatkan dari e-commerce yaitu biaya promosi yang relatif rendah. Tentunya hal seperti ini akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan dalam mempromosikan produknya kepada para konsumen.  Mencari produk menjadi lebih cepat dan akurat Misalnya pada situs atau web e-commerce perusahaan konsumen dapat mencari produk dengan cara menklik katalog atau tombol menu yang telah disediakan di websitenya atau bisa juga menggunakan kotak pencarian, sehingga konsumen dapat menemukan produk yang diinginkannya.  Dapat memberikan informasi yang akurat dan up-to-date Tentunya informasi akan semakin lengkap dan lebih mudah disampaikan kepada para konsumen. Biasanya informasi tersebut berisi spesifikasi mengenai produkproduk yang dijual oleh perusahaan. Informasipun dapat di update kapan saja jika ada pemberitahuan atau penjelasan yang baru mengenai produk yang dijual kepada konsumen. b. Manfaat E-Commerce bagi konsumen atau pelanggan Beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh konsumen dari e-commerce, diantaranya:  Dimana saja dan kapan saja Konsumen dapat bertransaksi kapan saja dan tentunya dapat membeli produk yang di inginkannya kapan saja, selama ada koneksi internet.  Lebih banyak pilihan produk dan jasa Produk yang ditampilkan dalam website e-commerce tentunya akan banyak pilihan, sebab untuk menupdate informasi mengenai produk dapat dilakukan dengan mudah.  Harga yang relatif lebih murah Dapat dilihat dan coba bandingkan biasanya harga dari produk yang ditawarkan di website e-commerce relatif lebih murah di bandingkan dengan produk yang ditawarkan di toko-toko fisik.  Ketersediaan informasi Tersedianya informasi yang akurat mengenai informasi atau spesifikasi produk yang di inginkan.  Memberikan perbandingan harga saat berbelanja Semakin banyaknya e-commerce sehingga dapat memungkinkan konsumen untuk mencari produk yang dicarinya dari beberapa website perusahaan dan nantinya konsumen akan menentukan harga terbaik.  Kesempatan berpartisipasi Konsumen dapat memberikan testimoni atau komentar mengenai pelayanan dan produk yang sudah dibelinya. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.




7

c. Metode pembayaran dalam E-Commerce Adapun beberapa metode pembayaran yang ada dalam e-commerce saat ini, diantaranya:  Metode Tradisional COD (Cash on Delivery), Merupakan metode pembayaran yang dilakukan secara tunai pada saat produk sudah diterima. Bank Payments, merupakan metode pembayaran yang dilakukan dengan cara mentransfer uang ke nomer rekening perusahaan yang menjual produk. Produk yang dibeli konsumen akan dikirim melalui jasa pengiriman barang, setelah konsumen melakukan pembayaran.  Metode Elektronik Innovations affecting consumers, merupakan pembayaran dengan kartu kredit atau debit, e-banking dan ATM. Innovations enabling online commerce, Metode pembayaran ini masih kurang populer di negara-negara yang sedang berkembang, metode ini misalnya menggunakan e-checks, smart card, e-cash dan kartu kredit yang terenkripsi Innovations affecting companies, metode ini berkaitan dengan mekanisme bank sudah sediakan oleh bank untuk klien mereka, misalnya seperti transfer antar bank melalui kliring yang memperbolehkan untuk melakukan pembayaran melalui deposit secara langsung.

d. kelebihan dan kekurangan media marketing berbasis online 1) Shope Beberapa kelebihan Shoppe  Kemudahan dalam menginput gambar produk yang akan dipasarkan disana. Maksimum hingga 9 gambar dapat diupload secara bersamaan di Shopee.  Pada bagian penjualan, terdapat fitur yang akan mempermudah penjual ketika menanti pembayaran, produk yang harus dikirim, hingga status transaksi yang sudah selesai.  Adanya fitur khusus “barang diblokir” yang dapat memudahkan pengguna ketika ada masalah pada produk yang dijual.  Fitur varian produk yang akan mempermudah dan sangat cocok untuk penjualan prioduk yang memiliki ragam warna, motif, aatu ukuran.  Terdapat fitur untuk mengambil foto dari Instagram dan menambahkan hastag hingga 18 maksimum hastag.  Aplikasi tersedia untuk Playstore (Android) dan iTunes (Apple).  Saat ini masih banyak program promosi seperti penangguhan ongkos kirim (JNE), promosi di halaman depan masih gratis.  Tidak memiliki batasan pada produk yang akan dijual disini.  Memiliki peluang yang masih sangat besar dan menjanjikan. Karena belum terlalu populer, sehingga masih belum banyak onlineshop yang menggunakan Shopee. Beberapa kekurangan Shopee  Adanya bagian pembeli dan penjual, sehingga terkesan tidak efisien dan rumit.  Untuk promo ongkos kirim gratis, syarat yang harus dipenuhi terkesan sulit dan merepotkan.  Tampilan deksripsi produk yang dinilai kurang menarik perhatian para calon pembeli.  Pencairan dana ke rekening yang terhitung sangat lama setelah proses transaksi sukses.  Terkadang situs sulit di akses atau bahkan lambat pada jam-jam tertentu.


8

 Walupun dapat menginput gambar dalam jumlah yang relatif banyak, namun pada beberapa kasus terkadang upload gambar tersebut sering gagal.  Selain gambar, ketika menginput no resi via aplikasi pun sering gagal.  Marketplace online terbaru ini juga tidak menyarankan dropship.

2) Tokopedia Beberapa kelebihan dari Tokopedia  Gratis Sobat-sobat netizen, berjualan di Tokopedia selain praktis -- di sini juga gratis. Bayangkan kalau sobat berjualan/buka kios di dunia nyata -- berapa biaya sewa  yang harus sobat bayar setiap bulannya. Dari mana sumber pendapatan Tokopedia? Jawabannya adalah dengan menyediakan sistem member Gold. Sistem ini memiliki banyak kelebihan bagi penjual yang menggunakannya. Dan untuk mendaftar sebagai member gold akan dikenakan biaya oleh Tokopedia.   Mudah terindeks mesin pencari Promosi yang gencar, serta tim pengelola website yang handal -- membuat produk-produk yang dijual di Tokopedia lebih mudah berada di jajaran atas mesin pencari. Apalagi kalau didukung dengan tulisan deskripsi barang yang sobat tulis dengan teknik SEO. Pastinya akan lebih banyak pembeli yang melihat barang-barang yang sobat jual di Tokopedia.  Lebih aman karena adanya sistem rekening bersama Kebanyakan pembeli ragu dalam membeli barang secara online. Namun dengan adanya sistem rekening bersama di Tokopedia -- para pembeli merasa lebih aman. Perlu sobat ketahui, kalau rekening bersama adalah rekening gratis yang dikelola oleh Tokopedia. Rekening ini memungkinkan untuk keamanan dana -- karena dana dari pembeli tak langsung masuk ke rekening penjual. Dana pembeli akan disimpan dengan aman di rekening bersama milik Tokopedia. Setelah pembeli mengkonfirmasi kalau barang sudah datang di tempat mereka -- barulah Tokopedia akan mengirimkan dana pembeli dari rekening bersama menuju ke rekening penjual. Beberapa kekurangan Tokopedia  Persaingan yang sangat ketat Karena kelebihannya yang gratis dan memiliki nama besar, hal itu membuat penjual semakin banyak di Tokopedia. Semakin banyak penjual, tentunya persaingan pun menjadi semakin ketat. Ada banyak barang sejenis yang dijual -- dan tentunya harganya sangat murah. Sobat harus siap bersaing dengan harga yang lebih murah lagi -- yang tentunya akan memangkas margin keuntungan.  Terkadang pembeli lalai dalam mengkonfirmasi penerimaan barang Ini merupakan hal yang paling sering dikeluhkan para penjual, manakala pembeli lalai dan tak kunjung mengkonfirmasi kalau barang sudah sampai di tempat mereka. Alhasil, dana pun masih tersimpan di rekening bersama. Hal ini tentunya akan menyusahkan bagi para penjual yang modalnya masih minim. Kalau dana tidak dikirim ke rekening mereka, maka akan sulit bagi mereka untuk memutar modal.  Memerlukan banyak barang agar dipandang bagus oleh pembeli Tahukah sobat, kalau banyak sekali penjual yang berjualan di Tokopedia? Hal ini tentunya membuat pembeli akan sangat selektif dalam memilih penjual. Selain faktor harga, pembeli juga melihat banyaknya stok dan variasi barang yang dipajang di etalase milik penjual. Pembeli cenderung memilih 'toko besar' yang memiliki banyak variasi barang yang dijual  -- ketimbang toko yang menjual


9

sedikit barang. Dan itu tentunya akan menyulitkan bagi sobat-sobat yang belum bisa memajang banyak barang.

3) Bukalapak Beberapa kelebihan Bukalapak  Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Bukalapak ini adalah inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik.  Kemudahan ketika menambahkan gambar produk, bahkan dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus.  Manajemen stok produk yang lebih akurat. Ketika produk tengah menanti pembayaran, maka jumlah stok produk akan secaar otomatis berkurang. Sedangkan saat transaksi dibatalkan, maka jumlah stok produk akan dikembalikan. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong.  Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi.  Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan.  Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet setelah 1 hari data tracking produk sampai ke pembeli.  Tampilan yang simple dan tidak berat.  Memiliki fitur Widget yang dapat digunakan untuk promosi lapak ke situs lain.  Tingkat keamanan yang tinggi dengan adanya fitur OTP.  Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis, Gratis, dan Gratis. Beberapa kekurangan Bukalapak :  Warna dasar tema tampilan yang terlalu mencolok, sehingga kurang enak dipandang.  SEO yang tidak optimal saat dicari melalui Google.  Walaupun dana masuk ke Bukadompet cepat, namun pencairan saldo dari Bukadompet terhitung lama. Bahkan bisa lebih dari sehari.  Fitur deksripsi barang yang belum memadai karena dimensi kotaknya sangat kecil. Bahkan sering error hingga tag html terbawa pada tulisan.  Aplikasi Bukalapak banyak memakan memori RAM, sehingga terkadang lag dan loading.  Fitur Quick Buyer yang terkadang mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli secara langsung.  Tidak memiliki fitur pre-order.  Waktu proses pemesanan yang sangat singkat, karena hanya diberikan waktu 2 hari untuk menginputkan nomor resi pengiriman.  Notifikasi yang sering terlambat masuk, bahkan terkadang fitur ini berkesan kurang bermanfaat karena kendala tersebut.  Tidak memiliki fitur untuk melakukan black-list pada pembeli yang bermasalah.

4) Lazada Beberapa kelebihan Belanja Online Di Lazada   Beraneka Ragam Produk Tersedia  Di Lazada.co.id, barang yang di jual sangat beraneka macam, mulai dari barang elektronik, peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikandanlain-lain.


10

 Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan Lazada sangat sering memberikan diskon-diskon terhadap produk yang dijualnya. Diskon yang diberikan pun bervariasi, mulai dari 10% sampai dengan diatas 30%.  Website yang user friendl Website di Lazada.co.id memiliki tampilan yang user friendly, navigasinya sangat mudah dan tampilannya pun menarik sehingga orang yang awampun bias menggunakannya dengan mudah  Bebas Ongkos Kirim Lazada memberika kebijakan untuk membebaskan ongkos kirim dengan beberapa ketentuan wilayah. Jika JABODETABEK dan pembelian diatas Rp. 100.000, maka akan bebas dari biaya ongkos kirim. Lalu jika diluar JABODETABEK ada yang masuk dalam wilayah 2 dan 3. Jika masuk wilayah 2, pengirimiman akan gratis jika pembelian diatas Rp. 90.000 dan berat barang kurang dari 6kg. Dan yang masuk wilayah 3, seluruhnya dikenakan biaya pengiriman.  COD (Cash On Delivery) Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat melakukan pembayaran di tempat pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin baru ada di daerah jakarta saja.  Pengiriman Barang Cepat Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang ia beli cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, Lazada sepertinya tahu persis kebutuhan konsumen itu oleh karena itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat setelah pembayaran diterima. Kekurangan Belanja Online Di Lazada   Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama Sebagai pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfimasi pembayaran diterima oleh pihak lazada cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli khawatir.  Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota jakarta dan sekitarnya. 

5) Blibli Beberapa kelebihan dari Blibli  Harganya kompetitif kalau dibandingkan dengan online mall dan shop di Indonesia, bahkan bisa termurah kalau anda betah mengecek stoknya. Sering habis soalnya.  Kupon belanja yang mudah didapatkan dengan berbagai macam nominal, minimal anda bisa mendapatkan 2 buah kupon senilai total 100 ribu dari mendaftar newsletter Blibli  Ongkos kirim gratis ke seluruh Indonesia, dan ini benar – benar nyata saat saya coba mengirim ke Malang dari Jakarta. Lazada saja masih membayar ongkos kirimnya. Ini ikut andil belanja kita jadi lebih hemat.  Customer service yang mudah dicari, setidaknya lewat Livechat kita bisa bertanya langsung mengenai masalah yang kita alami. Walau anda belum tentu membutuhkannya tapi saat anda mengalami masalah saya jamin anda bersyukur tim support Blibli selalu ada 24 jam sehari.


11

 Pelayanan customer service Blibli yang cepat, ramah dan sabar.  Packing barangnya untuk elektronik menggunakan kayu, sekecil apapun ukurannya dan ini gratis lagi tidak menambah biaya ongkos kirim. Beberapa kekurangan Blibli  Sistem konfirmasi pembayaran transfer bank yang memakan waktu 1 hari sejak mengirimkan uang kalau order di hari kerja dan 2-3 hari kalau anda membelinya di hari sabtu dan minggu. Ini yang saya alami dan sempat frustasi karena masih pertama kali mengujicoba Blibli. Sedangkan di tetangga kurang lebih beberapa menit sudah dikonfirmasi.  Tidak ada cara konfirmasi pembayaran manual, tampaknya harus komplain ke customer care Blibli untuk hal ini.  Kalau di Lazada setiap ada perubahan status order akan diberitahukan melalui email dan SMS. Sedangkan Blibli hanya pada saat meletakkan pesanan dan konfirmasinya. Jadi kita harus sering – sering mengecek kabar terbarunya.  Sistem pengiriman barang yang tampaknya harus dijemput oleh kurirnya (Pickup), jadi merchant partnernya tidak boleh mengirimkan sendiri. Ini kelemahannya menjadi lebih lama (saya menunggu 2 hari baru statusnya berubah sudah diambil kurir) tapi kelebihannya tampaknya ada standar packingnya. Pembelian hp yang saya sebutkan diatas menggunakan kotak kayu. Imbang lah, agak lama tapi barang aman.

1. Internet Banking/Mobile Banking a. Definisi internet banking Apa itu Internet Banking? Bagi sebagian orang teritama para pelaku bisnis Internet tentu sudah tidak merasa asing lagi dengan yang namanya Internet Banking atau biasa disebut E-Banking. Nanun tidak sedikit juga orang yang belum tahu apa itu internet Banking. Untuk itu sumoxi blog akan memberikan sedikit penjelasan mengenai pengertian apa itu internet banking, agar semua tahu sebelum menggunakan layanan yang diberikan untuk mempermudah nasabahnya dalam bertransaksi Online. Internet Banking adalah salah satu layanan perbankan yang menggunakan teknologi komunikasi dan informasi untuk mempermudah nasabah dalam bertransaksi contohnya layanan mobile banking seperti transaksi menggunakan handphone dan seperti atm, biasa disebut dengan telepon banking dan sms banking. Selain internet banking ini masih banyak lagi istilah yang ada dan sudah banyak dikenal luas tentang layanan mudah ini, seperti contohnya  M-Banking dan juga SMS Banking.

Apa itu Internet Banking? dan Keuntungan, Kekurangan Menggunakannya Untuk perbedaannya hanyalah dari sistem pada pengoperasiannya, M-Banking menggunakan menu ataupun kata lain kita tinggal klik ataupun memilih menu untuk melakukan transaksi sementara, apabila SMS banking konsepnya kurang lebih hampir sama dengan M-Banking tetapi pengoperasiannya melalui sms dengan mengetikkan perintah yang formatnya sudah ditentukan oleh pihak bank.

b. Keuntungan menggunakan internet banking bagi nasabah Banyak bank-bank di Indonesia yang sudah menggunakan layanan internet banking untuk mempermudah nasabahnya. Bank-bank tersebut diantaranya seperi bank BCA, bank Mandiri, BRI, dan bank-bank lainnya.Berikut keuntungan menggunakan internet banking untuk anda ketahui


12


 Melakukan Transfer Uang Salah satu keuntungan menggunakan fasilitas internet banking yang pertama adalah kemudahan dalam melakukan transfer uang. Dengan menggunakan layanan internet banking nasabah akan lebih mudah dan tak perlu repot pergi ke ATM dalam melakukan transfer uang non tunai. Anda cukup login melalui situs resmi bank kemudian memilih layanan internet banking. Masukan nominal yang akan ditransfer ke rekening tujuan Anda. Tak butuh waktu lama maka uang akan berpindah ke rekening tujuan. Dengan begitu segala transaksi akan lebih mudah termasuk transaksi online.  Mengecek Saldo dan Mutasi Rekening Keuntungan berikutnya adalah kemudahan dalam melakukan cek saldo dan juga mutasi rekening. Jika Anda ingin melihat atau sekedar mengecek saldo rekening maka tak perlu lagi namanya pergi ke ATM terdekat. Cukup dengan memanfaatkan koneksi internet dan smartphone Anda melalui internet banking. Selain cek saldo, Anda sebagai nasabah juga bisa melihat transaksi keuangan (mutasi rekening).  Melihat Informasi Kurs Mata Uang Keuntungan internet banking yang keempat adalah dapat melihat atau mengetahui kurs mata uang setiap harinya secara resmi. Informasi kurs mata uang akan di update secara resmi setiap harinya melalui situs resmi bank. Dengan melihat situs resmi internet banking pada bank, maka Anda akan mengetahui jatuh naiknya mata uang rupiah terhadap dolar Amerika, dolar Singapura, dan banyak lagi.  Informasi Mengenai Kartu Kredit Informasi mengenai tagihan kartu kredit, informasi saldo rekening, data transaksi, dan banyak lagi dapat Anda ketahui dengan menggunakan internet banking. Kartu kredit pastinya dikeluarkan oleh pihak bank yang bersangkutan. Untuk lebih jelasnya cara pembuatan kartu kredit Anda dapat menanyakan pada customer service bank tersebut.  Membeli Pulsa Elektrik Keuntungan yang berikutnya adalah membeli pulsa elektrik. Anda dapat membeli pulsa elektrik untuk ponsel, listrik, atau modem. Pembelian pulsa elektrik dengan menggunakan internet banking didukung dengan berbagai operator seluler di Indonesia. Dengan begitu Anda tak perlu capek-capek pergi ke outlet pulsa hanya untuk membeli pulsa elektrik. 

Itulah beberapa keuntungan menggunakanlayanan internet banking, dan masih banyak lagi keuntungan lain yang didapat dari layanan tersebut. Perlu anda ketahui juga selain mempunyai keuntungan menggunakan Internet Banking, layanan ini juga memiliki kukurangannya yang perlu anda ketahui sebagai antisipasi kemanan dalam menggunakan layanan ini.  Langsung saja bisa anda baca berikut Kekurangan Menggunakan Internet Banking. c. Kekurangan menggunakan internet banking Sebagai nasabah perlu waspada mengingat banyaknya terjadi pencurian data melalui internet dengan melalui berbagai macam teknik untuk menyusup menyusup yang biasa dikenal dengan istilah hacker. Hacker bisa saja menguras habis uang nasabah dengan berbagai cara. Karena itu, nasabah wajib mematuhi semua prosesdur penggunaan internet banking sehingga lebih aman 



13

Kejahatan dunia online selalu saja mengincar, jika anda kurang hati-hati dan teliti, bisa saja terjadi Pencurian data bisa melalui teknik skimming atau melalui modus penipuan dengan berbagai macam penawaran yang mengecoh nasabah. Jika akses internet yang dimiliki nasabah tergolong murah dan lancar, lebih disarankan memakai internet banking karena lebih menghemat banyak biaya. Namun, perangkat komputer harus tertanam perangkat lunak antivirus dan antimalware supaya terhindar dari cracking. Hindari penggunaan internet banking di layanan publik seperti warnet atau wifi gratis karena rawan tindakan penyadapan data nasabah. Internet banking bisa dirasa tidak praktis bagi orang yang memiliki kegiatan yang sering mobile atau bepergian. Walaupun saat ini semua akses internet bisa diakses dengan smartphone ataupun gadget dengan sangat mudah, namun tetap saja bagi pengguna dengan mobilitas tinggi butuh penyesuaian fitur dalam mengakses internet banking melalui smart phone. Yang jelas mengakses internet banking menggunakan smartphone tentu tak senyaman saat anda menggunakan laptop (PC). Seperti yang kita ketahui pula bahwa banyak juga kejahatan terjadi di dunia online yang sekarang ini marak terjadi. Salah satu kejahatan dalam dunia maya adalah kejahatan yang dilakukan oleh hacker atau peretas. Apabila Anda tidak berhati-hati dalam menggunakan internet banking ini, maka rekening Anda bisa dibobol oleh para pelaku kejahatan internet. Untuk menghindari hal tersebut, maka ada baiknya memperhatikan beberapa tips dalam menjaga keamanan transaksi Anda. 2. Internet Marketing Dengan Menggunakan Sosmed Promosi sebuah produk atau jasa kini semakin maju dan mudah dilakukan semenjak populernya sosial media. Semenjak kehadiran media sosial untuk promosi, promosi bisnis tidak lagi dilakukan via radio, media cetak atau televisi. Saat ini dapat disebut era digital dimana media online merupakan wadah yang populer dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah bisnis. Hadirnya sosial media yang didukung oleh kekuatan internet saat ini berpotensi mendukung keberhasilan promosi suatu usaha atau produk dengan mudah, cepat dan murah, bahkan tanpa modal sama sekali. Apalagi dengan berbagai sarana beragam internet tools yang ada seperti website, blog, sosial media dan sifatnya yang global, real time dan praktis membuat kegiatan promosi usaha Anda akan lebih maksimal karena jangkauannya yang luas dan hampir tidak terbatas. Lantas apa saja media online yang mantap untuk dijadikan media promosi handal untuk bisnis Anda, berikut ulasannya: a. Facebook Media sosial satu ini masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan keluarga. Keberadaan mereka menjadi salah satu alasan mengapa Facebook menjadi media sosial yang banyak dijadikan media promosi online selain di situs bisnis. Penggunaan Facebook sebagai media promosi pun diakui relatif mudah oleh para pemain bisnis online bahkan tidak sedikit dari para pebisnis yang sudah memiliki toko fisik pun memanfaatkan Facebook sebagai media promosi produk. Tidak jarang juga bisnis yang sukses bermula dari mengenalkan produk mereka melalui Facebook. Bagaimana cara agar promosi melalui Facebook cukup sukses? Pertama, pastikan halaman utama Facebook Anda menarik konsumen karena hal ini akan menjadi daya tarik yang membuat calon konsumen


14

memberikan Like. Like inilah yang menjadi langkah kedua yang harus Anda dapatkan sebanyak mungkin. Ketiga, jangan lupa untuk mengenali target pelanggan dengan mencari orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan halaman Facebook Anda. Terakhir, fokuslah untuk membuat konten yang menarik. Kelebihan Menggunakan Facebook Page untuk Bisnis Anda  Jumlah teman yang tidak terbatas Facebook profile memiliki batas jumlah pertemanan sebanyak 5000 orang. Facebook Page memiliki jumlah teman – disebut dengan audiences/likes/fans, yang tidak terbatas. Hal ini penting karena semakin banyak orang mengetahui bisnis Anda maka akan semakin besar peluang bagi bisnis Anda untuk berkembang. Kemungkinan produk/jasa Anda dibeli oleh konsumen pun akan meningkat.  Terlihat lebih professional Fecebook Page akan membuat bisnis Anda terlihat lebih professional. Banyak orang yang memanfaatkan Facebook untuk berbisnis namun yang digunakan adalah akun pribadi (Facebook Profile) sehingga hasil yang didapatkan tidak maksimal. Selain itu kehidupan pribadi dengan bisnis menjadi tercampur.  Dapat beriklan sesuai target Anda dapat berpromosi secara gratis atau membayar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Cara termudah adalah dengan mengundang teman-teman untuk menyukai Page Anda. Facebook Page yang tidak berbayar (gratis) akan muncul sebagai Page yang disarankan (Suggested Page) di beranda teman-teman Anda. Jika Anda menggunakan iklan berbayar maka Anda dapat menentukan target audience bisnis Anda, misalnya Anda tentukan target umur, jenis kelamin, kota, atau negara. Beriklan sesuai target pasar tentunya lebih efektif karena langsung mengena pada sasaran. Page Anda akan muncul pada kolom iklan berbayar (sponsored) di sisi kanan beranda (home). Jumlah munculnya iklan Page Anda dapat Anda pilih sesuai dengan budget Anda.  Mudah Mengupdate berbagai Informasi Dengan menggunakan Facebook Page, Anda lebih mudah mengupate apa saja yang berhubungan dengan bisnis Anda. Berbeda dengan website yang kebanyakan berisi konten-konten statis dan jarang diupdate. Anda juga dapat membuat berbagai penawaran dan event untuk menarik minat audience pada bisnis Anda.  Bisa check-in tempat Pengguna Facebook dapat melakukan check-in pada bisnis Anda jika berupa tempat (Places). Contoh bisnis yang bisa masuk dalam kategori Places seperti resto/cafe, salon, toko, tempat kursus, dan lain sebagainya. Jika seseorang melakukan check-in, orang lain dapat melihat tempat check-in tersebut. Dengan demikian check-in juga dapat membantu bisnis Anda lebih dikenal oleh banyak orang. Kelemahan Bisnis "Online" Lewat Facebook  Pencatatan pemesanan yang keliru karena semua serba manual.  Pesanan tertukar, ini merupakan dampak dari kesalahan pada pemesanan.  Komunikasi ke pelanggan kurang lancar. Lagi-lagi ini terjadi karena pebisnis mengurus semua hal sendiri, mulai promosi produk, melayani pelanggan, menerima permintaan, mengurus pengiriman termasuk pembayaran.


15

 Transaksi kerap tertunda karena bergantung pada interaksi pembeli dan penjual. Kalau pembeli tidak tanggap merespons pertanyaan pembeli, niat untuk belanja bisa tertunda atau bahkan batal. b. Twitter Selain Facebook, Twitter juga menjadi salah satu media sosial online yang banyak digunakan sebagai media bisnis online. Meski awalnya hanya didesain untuk bisa berbagai status yang terkenal dengan maksimal 160 karakter, kini Twitter mampu menjadi media yang cukup ampuh untuk memasarkan produk. Media ini dinilai mudah dijangkau oleh pelanggan toko online manapun karena dengan ponsel cerdas (smartphone)  masyarakat dapat dengan mudah mengakses microweb satu ini. Beberapa cara untuk memaksimalkan promosi dan pemasaran produk melalui Twitter adalah dengan memperbanyak jumlah follower, mengirimkan tweet secara teratur, mempromosikan situs secara teratur, menentukan waktu posting tweet, menyewa buzzer untuk meningkatkan promosi, atau dengan saling promo akun twitter bisnis online lainnya.

c. Instagram Nampaknya media sosial satu ini sekarang sedang menjadi primadona media bisnis online. Selain karena bisa menampakkan foto produk juga karena caption yang bisa ditulis dengan lebih panjang dibandingkan Twitter. Instagram juga mudah diakses dari ponsel cerdas dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi di kalangan anak muda. Inilah kesempatan bagi Anda untuk mempromosikan produk dan bisnis dengan mudah karena calon konsumen pun lebih banyak berkumpul di media sosial ini. Hashtag adalah salah satu kekuatan promosi yang luar biasa jika Anda menggunakan Instagram sebagai media bisnis. Selain itu, aktif berinteraksi dengan para pelanggan juga menjadi salah satu trik yang bisa membuat pelanggan menaruh perhatian lebih pada bisnis Anda.

d. Path Path awalnya dikenal sebagai media sosial yang eksklusif karena keterbatasan jumlah teman yang bisa ditambahkan pada akun ini. Meskipun begitu, bukan berarti akun ini tidak bisa dijadikan media promosi dan pemasaran online. Dailybeautyhouse merupakan salah satu bisnis yang melengkapi promosi mereka dengan menggunakan Path. Bisa dikatakan bahwa Path merupakan bentuk private dari Facebook dan Twitter namun bukan berarti media sosial satu ini tidak bisa memberikan Anda kesempatan memperluas jaringan dan pasar.

e. Kaskus Media sosial satu ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mempromosikan produk. Kaskus dikenal sebagai market place yang banyak digunakan untuk berjualan dan dianggap sebagai media sosial paling ampuh untuk berbisnis terlebih dengan hadirnya Forum Jual Beli. Memang perlu Anda ketahui bahwa tidak mudah melakukan promosi dan bisnis di Kaskus karena banyaknya penipuan dari bisnis online yang bermula di media sosial ini namun bukan berarti tidak mungkin Kaskus dijadikan media bisnis yang ampuh.



16

f. Google+ Media sosial pesaing Facebook yang bisa menjadi media promosi dan pemasaran online Anda adalah Google+. Dengan menggunakan akun ini, banyak pebisnis yang akhirnya mampu mempromosikan bisnis online mereka. Tahukah Anda jika Youtube ternyata merupakan produk Google yang kini juga tidak kalah ramai digunakan sebagai media promosi online? Beberapa cara mudah untuk memaksimalkan penggunaan Google+ sebagai media bisnis online Anda adalah dengan menyaring dan mengatur Gmail dengan Google+ Circles, membuat interaksi dengan Hangouts, mengedit dokumen bersama dengan rekan, dan juga merencanakan serta mengatur acara.

g. Market Place Nah selain menggunakan media sosial seperti yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan situs marketplace seperti OLX.co.id, tokobagus.com, elevenia.com, dan lain-lain. Marketplace ini sangat membantu para pebisnis online untuk memiliki halaman toko mereka sendiri dan melakukan aktivitas promo dan pemasaran produk mereka. Tidak jarang para pemilik bisnis yang sudah memiliki toko fisik pun membuat halaman toko mereka di berbagai marketplace guna memperluas jaringan dan mendapatkan lebih banyak konsumen.

h. Email Marketing Email marketing dianggap sebagai metode kuno di antara media online lainnya namun jangan remehkan kekuatan media satu ini. Email marketing dikenal memiliki kekuatan yang cukup besar untuk melakukan promosi secara online karena ini merupakan sumber besar untuk mengirimkan berita promosi hingga penawaran produk terbaru pada para pelanggan.

i. Youtube Sama seperti blogger, namun informasi yang diberikan youtuber berupa video. Dari video tersebut dia memasang iklan dan menerima penghasilan. Namun, menjadi seorang youtuber tidaklah semulus yang anda bayangkan. Pasalnya Youtube memberlakukan aturan untuk tidak saling melanggar hak cipta orang lain. Sehingga saat video kita itu hasil reupload, maka akan terhapus secara otomatis.

j. Blogger Media satu ini memang memiliki kemiripan dengan website secara sekilas namun penggunaan blog hanya sebatas untuk mendukung usaha promosi. Caranya dengan memuat berbagai artikel seputar bisnis dan produk toko online bahkan jika Anda mau memuat berita terbaru mengenai toko online Anda dan menunjukkan prestasi yang sudah diraih. Untuk semakin mengoptimalkan penggunannya, banyak dari pebisnis online yang menggunakan blog juga menggunakan teknik SEO guna semakin menarik lebih banyak pelanggan. Seorang blogger memiliki situs web atau blog yang berisi infirmasi menarik. Sehingga dia bisa memasarkan produk di blognya atau memasang layanan periklanan.



17

k. Search Engine Marketing Search Engine Marketing (SEM) adalah salah satu teknik dari pemasaran digital dengan cara melakukan promosi berbayar di mesin pencari yang bertujuan untuk menambah jumlah pengunjung atau trafik ke situs web tersebut. Di saat globalisasi dan jutaan bisnis mengubah arah pemasaran mereka dari offline menjadi online. Salah satu cara yang paling efektif untuk mengembangkan bisnis Anda adalah dengan menggunakan SEM. Di sisi lain, SEM biasanya juga dikerjakan bersamaan dengan Search Engine Optimization (SEO). Dengan teknik SEO seperti, menulis ulang isi halaman web atau membuat halaman web tertentu untuk menjadi target dari SEM, menjadikan SEM lebih optimal.

Keuntungan Melakukan Search Engine Marketing  Measureable Result Ada banyak sekali data di balik pencarian berbayar. Menetapkan target dan tujuan dapat membantu Anda mengetahui dengan cepat campaign marketing yang mana yang mendapatkan hasil terbesar. Dengan cara tersebut Anda akan mendapatkan kembali dana pemasaran yang telah Anda keluarkan dengan cepat.  Persiapan Cepat Anda butuh pemasangan iklan sekarang juga? Dengan SEM, hanya dengan mengatur campaign Anda, Anda dengan sangat cepat akan membuat iklan tersebut online dan mendapatkan trafik yang Anda inginkan.  Target Pemasaran yang Spesifik Hampir semua platform SEM modern memberikan target pemasaran yang sangat spesifik, seperti area tempat tinggal, usia, jenis kelamin, bahkan kelompok masyarakat tertentu.

Kekurangan Melakukan Search Engine Marketing  Tidak dapat mengindex halaman tertentu karena memang beberapa website memakai konten dinamis yang tidak bisa diindex.  Aktivasi link spamming yang tidak terbendung.  Terkadang memang memunculkan hasil pencarian yang tidak relevan.  Perkembangan website yang terlalu cepat, di mana tidak mendapatkan bandingan dari kecepatan index google.

3. Internet Payment (paytren) a. Definisi internet payment (paytren) PayTren adalah Aplikasi / Software / Perangkat Lunak / Teknologi yang dapat digunakan pada semua jenis SmartPhone khususnya android agar dapat melakukan transaksi pembayaran seperti halnya ATM, Internet / SMS / Mobile Banking, PPOB (Payment Point Online Bank) dan hanya berlaku di lingkungan komunitas tertutup, yaitu komunitas treni / Paytren. Contoh sederhananya seperti ini, misalkan saat mau bayar tagihan listrik atau membeli voucher pulsa yang lokasi loketnya berjarak 1km dari rumah Anda, maka tentu Anda membutuhkan waktu untuk kesana, butuh tenaga, butuh bensin jika pakai motor, kadang juga bisa keluar biaya lebih saat ban bocor atau hal lain yang tak terduga Sekarang semua analogi di atas bukan lagi menjadi sebuah masalah pelik. dengan adanya paytren anda cukup membuka smartphone yang sedang Anda gunakan saat ini dan semuanya tagihan Anda terbayar dalam hitungan detik, Kapapun dan dimanapun anda bisa cek jumlah tagihan rutin bulanan anda, Telkom, Listrik PAscabayar, TV bernayar, tagihan kartu halo, Tagihan PDAM


18

dan lain-lain sebagainya. Bukankan ini sudah menghemat waktu? artinya lebih efisien waktu? dan apalagi sebagai contoh biaya admin untuk bayar listrik Pasca PLN dengan paytren itu hanya Rp.1.800 saja dapat cashback pula.

b. Cara Kerja Bisnis PayTren Yusuf Mansur  Mengalihkan Semua Transaksi.  Anda pasti membutuhkan pulsa, bayar tagihan bulanan seperti air, telpon dan berbagai keperluan rutin lainnya, sekarang semua rutinitas tersebut bisa Anda lakukan di handphone dengan berbekal sebuah aplikasi yang di sebut dengan paytren, ini sangat memudahkan anda yang sibuk bukan?  Rekomendasi Teman.  Saat Anda telah memakai PayTren dan merasakan manfaat bertapa mudah nya bertransaksi serta merasakan komisi yang Anda dapat di setiap transaksi sekarang Anda ajak  orang lain sebanyak-banyaknya untuk melakukan seperti yang anda lakukan yaitu menggunakan software paytren ini. Dari aktifitas mengajak orang itu maka anda akan mendapatkan komisi dan juga rewards yang disediakan oleh perusahaan PT. Veritra Sentosa Internasional.

c. Yang Bisa Anda Lakukan Dengan PayTren Fitur yang ada diaplikasi PayTren antara lain : Isi Pulsa (Malaysia, Hongkong, Indonesia)  Beli Voucher Game  Token TV Prabayar  Token PLN  Leasing  Tagihan Listrik  PDAM  Tiket Pesawat  Tiket Kereta API  ePIN  Sedekah  Aqiqah  Asuransi Jiwa  Toko online  Inspirasi dari UYM  Doku/Uang Elektronik  Dll

d. Keuntungan Gabung di paytren Intinya ketika bergabung di PAYTREN, Anda akan mendapatkan banyak manfaat & keuntungan, diantaranya:  Praktis, Efisien dan menguntungkan  Tidak ada beban BIAYA bulanan  Cashback dari tiap transaksi  Biaya Admin lebih HEMAT  Bernilai bisnis dan dapat diwariskan  Komunitas POSITIF  Dapat aplikasi Paytren All Payment Senilai 325rb.


19

 Dapat Akses Paytren Academy (sekolah digital UYM) tempat belajar mitra paytren  Akses Paytren Messenger” semacam whatsapp,  Akses belanjaqu Web Online Shop semacam LAZADA, OLX dan masih banyak lagi yang lain.


e. Cara Mendapatkan Penghasilan Di Paytren  Gunakan aplikasi PayTren untuk bertransaksi secara PRIBADI maka setiap transaksi akan mendapatkan Cashback/Uang kembalian.  Membuka LOKET pembayaran, setiap transaksi akan dapat Cashback/Uang kembalian yang lebih besar dari cashback transaksi Pribadi.  Ikut serta dalam program UMROH(AGEN UMROH) maka anda berkesempatan mendapatkan bonus yang lebih BESAR.  Ikut serta memasarkan Lisensi dan membangun komunitas bisnis maka akan dapat bonus (pasif income dan aktif income) serta reward tanpa di UNDI

f. Syarat Utama Jadi Pebisnis Resmi Paytren / Treni :  Foto identitas (KTP/KK/PASPORT)  E-mail  No Smartphone  Memiliki Lisensi / Kode Serial (12 digit)

g. Pertanyaan-Pertanyaan Yg Di Ajukan Oleh Calon Pebisnis Paytren   Berapa batasan USIA jadi PEBISNIS PayTren? Jika Sudah memiliki NIK (nomor induk kependudukan) walaupun masih TK bisa di daftarkan.  Apakah yang NON islam BISA jadi  PEBISNIS PayTren? Tentu saja bisa, walaupun owner paytren seorang ustad bukan berarti yang non islam tidak boleh gabung. Karena paytren terbuka untuk semua kalangan dan agama.  Cara balikin modal pembelian lisensi 350.000 itu gimana? anda tak usah bingung cara balikin modal itu, cukup menggunakan aplikasi paytren untuk melakukan transaksi kebutuhan bulanan anda dengan begitu uang 350.000 lama kelamaan akan balik kok. karena, tiap transaksi beli-beli atau bayar-bayar menggunakan paytren akan dapat cashback transaksi.  Apakah ada cara cepat balikin modal pembelian lisensi 350.000? tentu saja ada, dengan mengajak satu orang anda kan mendapatkan rp 75.000 x 10 orang = rp 750.000. itu baru sepuluh orang, bayangkan jika ada 30, 60 atau seratus.   Apakah ada target transaksi perbulan di paytren? tidak ada. pakai suka-suka, bayar suka-suka.   Apakah ada produk / barang yang harus di beli tiap bulan di paytren? tidak ada. tapi paytren menyediakan fasilitas marketplace untuk transaksi jual beli khusus member.   berapa lama id paytren aktif? id paytren berlaku seumur hidup dan bisa diwariskan.  Apakah ada biaya administrasi perbulan atau pertahun di paytren? tidak ada sama sekali


20

 Apakah harus isi saldo / deposit tiap bulan? tidak harus. isi seusai kebutuhan anda saja.  Apakah ada biaya admin saat isi saldo / deposit? tidak ada sama sekali. hanya kode unik untuk keperluan sistem dan akan masuk ke saldo anda.  Apakah saldo / deposit paytren bisa di gunakan untuk belanja? tentu saja bisa, belanja tanpa menggunakan kartu kredit karena paytren sudah bekerjasama dengan doku wallet (uang elektronik).  Apakah saldo / deposit jika tidak digunakan dalam waktu yang lama akan kadaluarsa? tidak ada istilah masa kadaluarsa di bisnis paytren.  Apakah daftar jadi pebisnis paytren untuk jualan pulsa atau buka loket ppob? daftar jadi pebisnis paytren bukan untuk jualan pulsa atau buka loket ppob. tapi, daftar pebisnis paytren di sarankan untuk jual lisensi (kode serial) seperti yang dilakukan bill gates  Aakah jadi pebisnis paytren harus jual lisensi? tidak harus. jika anda ngak mau uang tambahan.  Apakah jadi pebisnis paytren harus memiliki tempat usah/kantor? Tidak harus, jadi pebisnis paytren itu simpel, bisa di lakukan di mana saja. 


BAB III PENUTUP 


A. Kesimpulan
 Pengertian Internet Marketing (IM) adalah semua bentuk kegiatan untuk mendistribusikan & memasarkan produk dengan media bantuan internet secara online.  Sejarah Internet Marketing sebenarnya dimulai bersamaan dengan sejarah hadirnya internet itu sendiri. Sejak awal diciptakannya, internet sudah membawa fitur-fitur yang cocok untuk marketing. Kemajuan teknologi pendukung internet seperti munculnya beragam bahasa pemrograman dan database membuat internet marketing menjadi lebih menarik, hingga akhirnya muncul berbagai jenis variasi internet marketing, seperti Search engine marketing.   Internet Marketing dianggap penting untuk Perkembangan Bisnis karena tiga alasan yaitu Pergeseran gaya hidup (lifestyle), kecepatan akses informasi, dan arget market yang tak terbatas.  Internet marketing pada bisniz online terdiri atas Online shopping atau ecommerce, internet marketing dengan menggunakan sosmed dan internet payment (paytren)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Makalah Perkembangan Internet Marketing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel